Rabu, 04 Juni 2014

KUE SEMPRONG



KUE SEMPRONG...Camilan kesukaan saya, karena klo udah nyamil 1 mau lagi dan mau lagi....bahkan klo ada si abang-abang mikul camilan ini saya suka beli juga dan sekali duduk bisa langsung habis, akhirnya seperti biasa suka penasaran cara buatnya, kebetulan kakak saya tercinta datang dari Aceh dan mau bawain cetakannya dan ada resepnya pula...sebenernya beli disekitaran Jakarta juga ada siih...tapi faktor 'M" jadi rada-rada segen jalannya... langsung aja ya resepnya :
 
Bahan-bahan saya buat 1/4 resep dari resep aslinya .
125 gr tepung beras
200 cc santan kental ( saya pake yang instan )

2 butir telur
4 sdm gula pasir
1/2 sdt garam


Cara buatnya :
Semua bahan dicampur dan diaduk rata sampai gula larut
panaskan cetakan dengan api sedang dan oles dengan minyak sayur. Kecilkan api jika cetakan sudah panas.
Tuang 1 sdm adonan, jangan berlebih karena nanti akan meluber jika cetakan dijepit.
Panggang diatas api sampai kecoklatan ( apinya kecil aja ya...)
Gulung dengan bantuan sumpit secara cepat, karena akan cepat mengeras.Segera masukan toples kalau sudah agak dingin dan tutup rapat.
hehe...kalau kue tradisional memang agak rempong dan harus sabar ibu-ibu...tapi hasilnya endang gulindang lho....
Selamat mencoba....:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar