Kamis, 05 Juni 2014

KUE ONDE KETAWA






Kue Onde Ketawa...hehe...lagi seneng posting camilan jadul..mengingatkan masa kecil dulu, meski buatnya harus satu-satu tapi pasti kalo sudah makan satu mau lagi dan lagi. Kue ini kadang ada yang nyebutnya kue onde ngakak...resepnya saya dapat dari kakak saya yang juga hobby baking, resepnya gampil...


Bahan :
300 gr tepung terigu ( optional aja ya...)
1 sdt Baking Powder (saya pake yang double acting )
25 gr mentega
125 gr gula pasir
2 butir telur

Cara membuat :
- Kocok mentega dan gula sampai lembut
- Masukan telur satu per satu
- Masukan terigu yang sudah diayak dengan Baking Powder, aduk rata, lalu bentuk bulat-bulat adonan
- Celupkan adonan yang sudah dibulatkan pada air
- Gulingkan pada wijen
- Goreng dengan minyak hangat, setelah mekar besarkan api sedikit. Masak sampai kecoklatan.

cat: saya buat mungil-mungil +/- 10 gr tiap butirnya, setelah digulingkan pada wijen saya gunting sedikit salah satu sisinya, biar ngakaknya rata....
Saya juga menggunakan dua wajan, gak harus juga siih...cuma untuk sekalian nyaring minyak aja karena ada wijen yang rontok jadi gak bikin minyak cepet kotor...jadi setelah gorengan onde-onde matang minyak bekas menggorengnya saya saring diwajan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar