Kamis, 18 September 2014

Sweet roll Bun Ala saya....







Roti simpel gak pake pegel...resepnya saya modif dari resep sweet roll nya Nikmatul Rosidah ...di resep aslinya tekstur adonan lengket, tapi yang saya buat gak lengket sama sekali...gak pake pegel walau pake mixer merk LG alias Lengan Gue...

250 ml susu cair hangat-hangat kuku saja ( resep asli 300 ml )
2 sdt ragi instan dicampur ke dalam susu cair hangat aduk dan diamkan selama 5 menit.
lalu tambahkan 50 gr gula pasir
56 gr butter atau mentega
1/2 sdt garam
dan 2 kuning telur ( dalam resep asli 1 butir telur dipakai semua, cuma pingin yang rada spisial aja ibu-ibu jadi saya pake kuningnya aja ....)
diaduk asal rata saja dengan spatula atau whisk.
lalu tambahkan 450 gr tepung terigu protein sedang atau rendah ( saya pakai s*g*t*ga )
aduk asal rata juga dan tutup dengan wrap atau plastik diamkan selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kalinya.
kempiskan adonan, uleni sebentar aja, diamkan sejenak dan bagi-bagi adonan. diamkan selama 10 menit lalu beri isi sesuai selera.
tata dalam loyang diamkan lagi hingga mengembang lalu oles dengan susu cair dan panggang dengan suhu 180° atau sesuaikan dengan oven masing2 ya...yg pasti harus panas.
di oven +/- 12 - 15 mnt atau sampai kecoklatan angkat dan oles dengan mentega dalam keadaan panas.
tips: saat akan mengisi adonan gilas adonan dengan roll pin supaya tekstur matangnya berserat halus ya ibu ibuu...
untuk olesan boleh pake susu cair aja atau susu cair campur madu atau juga kuning telur yang dicampur susu dan madu
Happy baking...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar